Nelayan Jepang.

Posted: January 28, 2012 in Motivation

Orang Jepang sejak lama menyukai ikan segar. Tetapi tidak banyak ikan yang tersedia di perairan yang dekat dengan Jepang dalam beberapa dekade ini. Jadi untuk memberi makan populasi Jepang, kapal-kapal penangkap ikan bertambah lebih besar dari sebelumnya. Semakin jauh para nelayan pergi, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membawa hasil tangkapan itu ke daratan. Jika perjalanan pulang mencapai beberapa hari, ikan tersebut tidak segar lagi. Orang Jepang tidak menyukai rasanya. Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan perikanan memasang freezer di kapal mereka. Mereka akan menangkap ikan dan langsung membekukannya di laut.

Freezer memungkinkan kapal-kapal nelayan untuk pergi semakin jauh dan lama. Namun, orang Jepang dapat merasakan perbedaan rasa antara ikan segar dan beku, dan mereka tidak menyukai ikan beku. Ikan beku harganya menjadi lebih murah. Sehingga perusahaan perikanan memasang tangki-tangki penyimpan ikan di kapal mereka. Para nelayan akan menangkap ikan dan langsung menjejalkannya ke dalam tangki hingga berdempet-dempetan. Setelah selama beberapa saat saling bertabrakan, ikan-ikan tersebut berhenti bergerak. Mereka kelelahan dan lemas, tetapi tetap hidup. Namun, orang Jepang masih tetap dapat merasakan perbedaannya. Karena ikan tadi tidak bergerak selama berhari-hari, mereka kehilangan rasa ikan segarnya. Orang Jepang menghendaki rasa ikan segar yang lincah, bukan ikan yang lemas.

Bagaimanakan perusahaan perikanan Jepang mengatasi masalah ini? Bagaimana mereka membawa ikan dengan rasa segar ke Jepang?

Jika anda menjadi konsultan bagi industri perikanan, apakah yang anda rekomendasikan?

Begitu anda mencapai tujuan-tujuan anda, seperti mendapatkan jodoh – memulai perusahaan yang sukses – membayar hutang-hutang anda – atau apapun, anda dapat kehilangan gairah anda. Anda tidak perlu bekerja demikian keras sehingga anda bersantai. Anda mengalami masalah yang sama dengan para pemenang lotere yang menghabiskan uang mereka, pewaris kekayaan yang tidak pernah tumbuh dewasa, dan para ibu rumah tangga jemu yang kecanduan obat-obatan resep.

Seperti masalah ikan di Jepang tadi, solusi terbaiknya sederhana. Hal ini diamati oleh L. Ron Hubbard di awal 1950-an. “Orang berkembang, anehnya, hanya dalam kondisi lingkungan yang menantang” -L. Ron Hubbard.

Keuntungan dari sebuah Tantangan:

Semakin cerdas, tabah dan kompeten diri anda, semakin anda menikmati masalah yang rumit. Jika takarannya pas, dan anda terus menaklukan tantangan tersebut, anda akan bahagia. Anda akan memikirkan tantangan-tantangan tersebut dan merasa bersemangat. Anda tertarik untuk mencoba solusi-solusi baru. Anda senang. Anda hidup!

Bagaimana Ikan Jepang Tetap Segar?

Untuk menjaga agar rasa ikan tersebut tetap segar, perusahaan perikanan Jepang tetap menyimpan ikan di dalam tangki. Tetapi kini mereka memasukkan seekor ikan hiu kecil ke dalam masing-masing tangki. Memang ikan hiu memakan sedikit ikan, tetapi kebanyakan ikan sampai dalam kondisi yang sangat hidup. Ikan-ikan tersebut tertantang.

Renungan :
Jangan menghindari tantangan, melompatlah ke dalamnya dan taklukanlah. Nikmatilah permainannya. Jika tantangan anda terlalu besar atau terlalu banyak, jangan menyerah. Kegagalan jangan membuat anda lelah, sebaliknya, atur kembali strategi. Temukanlah lebih banyak keteguhan, pengetahuan, dan bantuan. Jika anda telah mencapai tujuan anda, rencanakanlah tujuan yang lebih besar lagi. Begitu kebutuhan pribadi atau keluarga anda terpenuhi, berpindahlah ke tujuan untuk kelompok anda, masyarakat, bahkan umat manusia. Jangan ciptakan kesuksesan dan tidur di dalamnya. Anda memiliki sumber daya, keahlian, dan kemampuan untuk membuat perubahan.

Jadi, masukkanlah seekor ikan hiu di tangki anda dan lihat berapa jauh yang dapat anda lakukan dan capai !

Advertisements

Indikator pada ban.

Posted: January 21, 2012 in Automotif

1. TANDA CAT LINGKARAN ATAU SEGITIGA.

artinya tanda cat ini harus sejajar dengan lubang pentil, karena merupakan bagian paling ringan dari ban, dan pentil adalah bagian paling berat dari keseluruhan ban.

GAMBAR:

2. TANGGAL PRODUKSI BAN.

Terdapat minimal 4 digit angka pada sisi samping dari ban (tiap merek berbeda-beda) yang berarti dua digit pertama minggu ke XX dan dua digit terakhir di produksi pada tahun XX.

Gambar:

3. INDIKATOR MASA PAKAI BAN.

Terdapat tanda segitiga pada sisi ban dan ketika di lihat pada sisi tapak ban akan terlihat bagian yang lebih menonjol pada dasar alur ban, apabila kondisi alur ban sudah tipis dan sejajar dengan tanda tadi, maka ban sudah perlu unutuk diganti.

GAMBAR:

4. 4 PLY RATING.

4PR menunjukkan kekuatan ban yang didasarkan pada kekuatan serat kain ban atau ply rating.

4PR berarti penggunaan lapisan kain dari bahan nilon didalam carcass berindikasi kekuatan setara dengan 4 lapisan kain ban.

GAMBAR:

5. UKURAN DAN KAPASITAS BAN.

#Untuk ban yang ber ukuran (misal) 2.50-17 berarti, lebar ban adalah 2.50 inchi dan diameter rim/velg 17 inchi.

#Untuk ban yang bertanda (misal) 80/90 berarti, lebar ban 80mm dan ketinggian sisi samping ban adalah 90% dari digit angka di depannya. Dalam hal ini 80mm.

#terdapat kode 33L, 38L, 44P. dll. untuk angka menandakan berat optimal yang disarankan dan kode huruf adalah batas kecepatan yang disarankan.

GAMBAR:

ARTI ANGKA YANG MENUNJUKAN BEBAN:

• 30= 106, 31=109, 32=112,33=115, 34=118, 35=121, 36=125, 37=128,
38=132,39=136
• 40=140, 41=145, 42=150, 43=155, 44=160, 45=165, 46=170, 47=175,
48=180, 49=185
• 50=190, 51=195, 52=200, 53=206, 54=212, 55= 218, 56=224,57=230,
58=236, 59=243

ARTI HURUF YANG MENUNJUKAN BATAS KECEPATAN:

G=  90km/jam
H= 210km/jam
J= 100km/jam
K= 110km/jam
L= 120km/jam
M= 130km/jam
N= 140km/jam
P= 150km/jam
Q= 160km/jam
R= 170km/jam
S= 180km/jam
T= 190km/jam
U= 200km/jam
V= 240km/jam
W= 270km/jam
Y= 300km/jam

Crita ni d mulai ktika siRadian ksiangan bwat b’rngkat k tmpat p’byaran lstrik……

Nah!..pas smpek d sna,no antrianx bru pluhan tpi no yg siRadian dpt udah 140-an…..

*WOW kesueeenn!!*

Lha wkt cri tmpat bwat nunggu, siRadian g sengaja dan g sangka kalo berada d antara dua org bapak2 yg udah salink kenal….

Pas nnggu d dkt mreka g sngaja nge-dnger p’bcaraan 2 bapak2 tdi (lha g mna g dngr wong siRadian pnya kupink)…..
Sebut aja namax, siKetus dan si Sotoy.
Kurank lbih gini-nih p’bcraan mreka:
siSotoy: “biyen kan mbayar lstrik-e g nang kene”
siKetus: “iyo bien kan mbayar-e isok nang klurahn ambek cidek-e ‘PAPAYA’ ”
siSotoy: “he’e neg nang kunu bien mbayar-e lak g antri kyok ngene”
siKetus: “asli-ne enak nang kene mbayar-e”
siSotoy: “kok isok??..nang kene mbayar-e antri ngene Tus kenus”
siKetus: “enak nang kene isok gawe cangkruk-an”
siSotoy: “iyo sih”

siRadian: Jiankreek!!…Ngntri d anggep CANGKRUKAN…..walaupun tmpatx enak pake AC g segitunya kaleee…….

Percaya dengan Tuhan.

Posted: January 21, 2012 in Joke's

suatu hari ada seorang yang taat kepada Tuhannya sedang mendapat musibah banjir besar.

 

ketika ada regu penolong datang untuk membantu dengan tegas ia menolaknya sambil berkata: “tidak usah menolong ku karena aku percaya Tuhan ku pasti akan menolong ku”.

 

regu penolong kedua datang untuk memberikan pertolongan, dan dengan tegas nya ia kembali menjawab: “tidak usah menolong ku karena aku percaya Tuhan ku pasti akan menolong ku”.

 

sampai pada akhirnya ia tewas karena sudah terlau lama di dalam air.

ketika berada di akhirat ia bertanya kepada Tuhan nya: “Tuhan, mengapa kau tidak menolong ku ketika banjir besar datang?.” laluTuhan nya menjawab: “aku sudah memberikan mu dua regu penolong untuk menyelamat kanmu b*d*h!..”…

 

kesimpulan: terkadang kita tidak menyadari ketika jawaban itu ada di depan kita.

“taken from movie Pursuit of Hapyness”

Cara kerja mesin 4 tak dan 2 tak.

Posted: January 20, 2012 in Automotif

MESIN 2 TAK.

pada sistem mesin 2 tak yang digunakan, terdapat dua skema dalam menghasilkan tenaga.

yang pertama memasukkan udara, bahan bakar, dan “oli samping” dalam satu gerakan yang dibarengi dengan ledakan busi yang menghasilkan tenaga saat piston bergerak mundur.

kemudian  piston bergerak maju dan mengaluarkan gas buang dan mengkompresi udara.

intinya setiap gerakan melakukan dua kegiatan bersamaan.

animasi detailnya seperti ini:

MESIN 4 TAK.

Skema pertama yang dilakukan adalah piston bergerak mundur dan menarik udara bercampur bahan bakar yang sudah berupa kabut (katup inlet terbuka, danoutlet tertutup).

yang kedua adalah piston bergerak maju dan megkompresi udara dan bahan bakar yang sudah tercampur (kedua katup tertutup).

siklus ketiga adalah busi mulai memercik dan memicu ledakan yang menghasilkan tenaga, dan piston bergerak mundur (kadua katup masih tertutup).

siklus yang terakhir piston bergerak maju dan mengeluarkan gas buang (katup inlet tertutup, dan outlet terbuka).

animasi detail nya seperti ini:

Kesimpulan: mesin 2 tak lebih boros bahan bakar dan tidak menggunakan katup pada sistem kerjanya, tetapi menghasilkan tenaga yang lebih besar, selain itu mesin 2 tak harus lebih sering dalam melakukan perawatan karena jika busi dan ruang bakar kotor karena oli dalam proses pengapian, dapat menurunkan kinerja mesin. sedangkan mesin 4 tak lebih hemat bahan bakar dan rumit karena menggunakan katup dalam sistem kerjanya, tetapi tidak perlu perawatan yang sering.